Tips Mengikuti Buka Bersama Saat Ramadan



Halo Sobat Nginap Bareng! Hari pertama puasa, sudah ada rencana bukber dengan siapa nih? Hal yang akrab dan sering dilakukan masyarakat Indonesia pada Bulan Ramadan tentu saja Buka Bersama. Entah bersama keluarga, teman-teman, kolega, alumni sekolah, bahkan bisa jadi dengan yang tidak terlalu dekat tahu-tahu ngajak kumpul.

1. Persiapkan Budget

Acara berbuka puasa tentu menyenangkan karena mendekatkan kita  pada orang-orang tersayang. Tetapi, sebelum menentukan mau makan di mana atau makan dengan menu apa, sebaiknya persiapkan dulu budget yang kamu punya. Bahkan lebih baik lagi jika kamu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan kolega.

Kumpul saat bukber jadi momen menyenangkan selama Ramadan

2. Atur Manajemen Waktunya

Biasanya orang mengajak untuk Buka Bersama di jam ngabuburit sampai malam. Tapi kalau begini jadi sulit untuk ibadah 'kan ya? Sayang sekali jika waktu untuk mendekatkan diri sama Allah malah dipakai untuk ketawa dan makan-makan di waktu krusial.

Sebaiknya, jika ingin buka bersama di luar rumah, pastikan untuk datang setelah salat Ashar dan pulang setelah magrib agar kamu bisa mengikuti tarawih berjamaah. Kalau makanannya belum habis, minta dibungkus saja!

3. Sedia Obat Pencahar

Makan dalam waktu singkat dan banyak pilihan bisa jadi membuat kita sakit perut. Karena lambungnya kosong seharian, ada baiknya diisi dulu dengan yang manis seperti kurma, permen, atau teh manis. Nah, santapan buka bersama mungkin tidak selalu berserat dan penuh karbo. Usahakan kamu sedia obat pencahar agar perut tetap nyaman selama Ramadan.

4. Bawa Tempat Makan

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika waktunya mepet dan makanannya berlimpah, tidak ada salahnya untuk membawa pulang makanan tersebut karena jika dibiarkan begitu saja akan menjadi sampah dan mubazir dan kita jadi dosa sebab menyia-nyiakan makanan.

Dalam hal ini, kamu juga bisa mengajak orang yang berbuka bersama untuk membawa kotak bekal agar bisa membagi rata makanan yang harus dibawa pulang.

5. Jangan Ghibah!

Wah, acara Buka Bersama paling seru saat membahas banyak hal apalagi jika momen ini termasuk ke dalam momen langka setahun sekali kumpul bersama. Tetapi ingat, luruskan niat dan tidak ghibah atau membahas hal-hal tak berdaedah selama acara bukber, ya! Jangan sampai kegiatan positif tersebut jadi tidak berkah karena lupa menjaga lisan.

Jadi, sudah ada berapa jadwal Buka Bersama di Ramadan 2019 kali ini? Pastikan ada waktu untuk buka bersama keluargamu ya :)

0 comments:

Post a Comment